Update Implementasi Digital Construction di dunia saat ini

Update Implementasi Digital Construction di dunia saat ini

Teknologi digital pada revolusi industri 4.0 turut mempengaruhi bidang konstruksi. Teknologi digital yang dianggap sebagai kunci untuk dapat memenangkan persaingan dalam menghadapi tantangan pada revolusi industri 4.0.

Sekarang ini, setiap negara dituntut untuk dapat menjadi yang terdepan dalam persaingan global. Untuk dapat memenangkan persaingan, mendalami teknologi digital adalah kuncinya.

Industri konstruksi di dunia semakin berkembang menjadi lebih baik dengan adanya kehadiran berbagai macam teknologi terbaru, salah satunya yaitu perangkat lunak untuk mengimplementasikan digital construction selain itu tidak hanya pada perangkat lunak saja tetapi drone juga menjadi salah satu perangkat yang digunakan dalam konstruksi guna mendapatkan foto atau video landscape. yang dimana hasilnya bisa meningkatkan pengawasan keamanan dan keselamatan di sekitar lokasi proyek.

Dengan begitu cepat berkembangnya industri di bagian construction technology ada beberapa construction technology yang kedepan nanti akan menjadi fokus.

  1. Augmented Reality
  2. Construction Software and data ecosystem
  3. Perkembangan BIM
  4. Prefabrication, 3D Printing, dan Teknologi Modular
  5. Self Healing Concrete
  6. Drones
  7. Robotic
  8. Cloud and Mobile Technology
  9. Advanced uses for GPS

Saat ini digital construction menjadi suatu kewajiban yang harus diterapkan pada saat pembangunan, teknologi digital dan informasi serta komunikasi dengan format digital sering digunakan di bidang industri konstruksi di dunia. Teknologi digital dapat memberikan dampak yang begitu besar dalam melakukan percepatan pembangunan infrastruktur sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

Implementasi digital construction yang diterapkan di dunia saat ini dan menjadi yang salah satunya adalah Building Information Modeling (BIM). Meskipun di tengah wabah pandemi covid-19 ini BIM menjadi solusi agar proyek dapat berjalan seperti biasanya.

BIM merupakan teknologi digital pada digital construction. BIM sendiri sudah banyak digunakan di berbagai dunia dalam melakukan pekerjaan konstruksi. BIM hadir bukan untuk menggantikan seorang arsitek tetapi untuk mempermudah pekerjaan agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Selain itu, BIM juga memungkinkan para pengguna yang terlibat pada suatu proyek dapat melakukan kolaborasi, serta mengoptimalkan produktivitas sumber daya manusia dan kegiatan proyek secara cepat, tepat, akurat, serta efektif dan efisien.

Manfaat lain dari BIM adalah dapat secepat mungkin menyelesaikan potensi konflik serta dapat menghindari pengerjaan ulang atau delay pada tahap konstruksi.

BIM menjadi salah satu yang sering digunakan atau diimplementasikan di dunia untuk mempermudah pekerjaan dalam bidang konstruksi.

Meskipun banyaknya perkembangan Teknologi Konstruksi saat ini implementasi di lapangan masihlah sangat minim. Karena teknologi ini masih sangat lemah dalam melakukan adopsi dan pengarahan di site dengan tidak ditunjang pada prosedur dan metode kerja yang seharusnya berubah. Memilih aplikasi dan teknologi yang tepat menjadi kunci penting untuk mengatasi ketertinggalan site dalam pengaplikasian teknologi.

Leave a Reply

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?